Translate

iJakarta - Perpustakaan Digital Berbasis Desktop dan Mobile Gratis!

Kupas Kelebihan, Kekurangan dan Keamanan iJakarta
Perpustakaan Digital Gratis Berbasis Desktop dan Mobile (Komputer , Andorid, iOS)




copyright youtube

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri pertemuan untuk mengikuti lomba membuat artikel blog di Perpustakaan DKI Jakarta untuk memperingati Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) tujuan dari perlombaan ini yaitu memperkenalkan dan meningkatkan minat anak bangsa dalam membaca, tentu dengan membaca kita bisa membuka wawasan dunia bahkan berkeliling dunia hanya dengan modal membaca, dalam pertemuan itu juga saya mendapatkan informasi tentang Perpustakaan Digital Gratis yang berbasis Desktop ataupun Mobile, bagi saya perpustakaan digital itu tidak asing karena begitu banyak penyedia layanan perpustakaan seperti perpustakaan digital yang ada pada kampus-kampus, perpustakaan digital secara komersialpun ada tapi perpustakaan digital kampus ataupun komersial memiliki batasan pengguna sedangkan iJakarta ini tidak memiliki batas itu.

Saya kutip dulu penjelasan tentang iJakarta " iJakarta adalah Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang di lengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur sosial media, dimiliki oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (BPAD DKI) kerjasama dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi. " iJakarta.id/faq.html


Kembali kepada tujuan di ciptakannya iJakarta ini yaitu meningkatkan minat anak bangsa dalam membaca, tidak hanya orang Jakarta yang bisa menggunakan aplikasi ini seperti namanya iJakarta tetapi seluruh pengguna dunia maya. Ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan iJakarta atau perpustakaan digital ini seperti :

1. Membaca Buku Online dan Offline
Tentu sesuai dengan fungsinya sebagai perpustakaan digital iJakarta ini memiliki fitur membaca buku secara gratis secara online yaitu dengan mencari buku yang ingin kita gunakan pada bagian "Pencarian" lalu apa kita hanya dapat membuka buku itu secara online? jawabannya tentu tidak selama buku yang ingin kita baca sudah di pijam dan di unduh pada aplikasi iJakarta kita dapat membacanya secara offline.



2. Adanya Sosial Media
Ini salah satu yang membedakaan iJakarta dengan Perpustakaan Digital lainnya, dengan adanya fitur Sosial Media pada iJakarta ini semua orang dapat memberikan ulasan, berbicara atau bahkan merekomendasikan buku yang sudah di baca pengguna kepada seluruh pengguna iJakarta lainnya.


3. Keterangan Lengkap
Fitur ini terdapat pada bagian awal kita memilih buku yang ingin kita baca seperti Sinposis, Penerbit, Pencipta Buku dsb.

4. Pinjam dan Donasi
iJakarta menggunakan sistem perpustakaan sesungguhnya yaitu dengan meminjam buku dengan sistem ini jumlah pembaca akan di batasi sesuai stok buku yang tersedia dan tidak adanya salinan secara ilegal alias asli dari penerbitnya, sehingga ketika buku yang kita inginkan di baca oleh orang banyak kita harus mengambil posisi di bagian Antrian. Antriannya sampai kapan? tenang iJakarta memberikan kita begitu banyak kemudahan untuk keterangan nomor antrian sudah di berikan sesuai dengan urutan.

Fitur donasi juga terdapat pada iJakarta ini, dimana kita sebagai pembaca bisa memberikan uluran tangan untuk membuat salinan secara resmi dengan memberikan donasi kepada salah satu penyedia perpustakaan digital seperti Badan Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta (BPAD), Aksaramaya dan lainnya.
Pembayaran donasi ini kita bisa menggunakan Pembayaran Online dengan bank yang sudah bekerja sama, dengan kartu kredit ataupun transfer langsung dengan mesin atm.

5. Catatan Pribadi Dan Kategori Buku Banyak
iJakarta memiliki salah satu fitur unik yaitu catatan pribadi yang sangat bermanfaat bagi user sebagai pengingat atau memo kecil secara cloud dalam aplikasi iJakarta ini, iJakarta juga memiliki banyak sekali Kategori buku kurang lebih 60 kategori

Lalu tunggu apalagi? untuk yang memiliki hobi baca buku bisa install aplikasi ini karena banyak sekali kemudahan yang kita dapatkan, desain userinterface yang baik, tidak perlu datang ke perpustakaan yang jauh.

Untuk Pengguna Android bisa langsung mencari di Playstore atau Download Disini
Untuk pengguna iOS Store Download Disini
Untuk pengguna Desktop atau Komputer Download Disini
Untuk info lebih lanjut bisa langsung masuk website resmi dari iJakarta https://ijakarta.id/

Kembali Kepada Tema Blog Ini ? Tutorial Networking, Cheat, Security

Kebetulan saya seorang pecinta Keamanan Informasi dengan pikiran jahat tentunya saya akan mencoba atau bahkan wajib untuk mencari kelemahan pada iJakarta ini, bisa di sebut juga dengan opini dari sudut pandang seorang amatiran keamanan informatika. Banyak sekali keunggulan pada iJakarta? sudah pasti adapula kekurangan pada aplikasi atau sistem tersebut, karena tidak ada satupun sistem yang sempurna. Ada beberapa poin yang akan saya jelasankan tentang kekurangan iJakarta dan kelemahan.

Poin pertama yakni kekurangan pada iJakarta Desktop
  1. Kekurangan pada aplikasi berbasis desktop yakni tidak adanya icon scroll untuk memilih buku akibatnya para pengguna di desktop yang tidak memiliki mouse dan device scroll pada touchpadnya kesulitan untuk mencari buku lain
  2. Tampilan desktop kurang menarik jika di bandingkan dengan tampilan berbasis Mobile
  3. Kurang cepatnya sikronisasi antara pengguna, server dan database yang ada hal ini terjadi bukan karena koneksi internet. Faktanya setelah saya mencoba dengan awal pemikiran "Kalau peminjam di batasi lalu bagaimana dengan niat orang jahat untuk mengambil semua stok buku pada server?" saya menggunakan 2 buah gadget laptop dan telfon gengam untuk meminjam satu buku yang sama dan meminjam secara bersamaan, berawal dari stok buku 4. Saya meminjam salah satu buku tentunya dengan stok pada server buku akan berkurang menjadi 2 ternyata setelah saya meminjam buku tersebut dan mendownloadnya saya masih bisa meminjam buku tersebut bahkan mengakibatkan antrian seperti tampilan ini.



    hal itu terjadi karena mungkin kebetulan ada orang lain yang meminjam buku tersebut? tentu tidak, saya mencoba dengan buku lain juga. Lihat pada foto di atas saya telah meminjam buku tersebut lalu saya masih bisa meminjam buku yang sama dengan device yang sama. Ini akan merugikan pengguna iJakarta lainnya walaupun sistem akan kembali memperbaiki stok yang ada tapi memerlukan waktu beberapa saat.
  4. Fitur pencarian akan kembali keawal ketika kita telah memilih buku sesuai kata kunci yang kita masukan, kekurangan ini mengakibatkan kita mengetik ulang kata kunci yang ingin kita cari.
  5. Kejahatan Donasi - Dari sudut pandang ini mungkin seorang yang memiliki pemikiran jahat akan memanfaatkan fitur donasi layaknya seorang Robinhood fitur donasi menggunakan kartu kredit bisa di manfaatkan mereka-mereka yang mengerti tentang keamanan kartu kredit tersebut dengan mendonasikan uang menggunakan kartu kredit yang dicuri, lalu masalahnya apa? tentu hal ini bisa mengakibatkan kerugian yang besar bagi pengguna kartu kredit, iJakarta bahkan negara. Iya memang kelemahan ini terjadi pada kartu kredit tersebut tapi tentunya iJakarta yang di kelolah oleh pemerintahan harus menanggulangi adanya tindakan itu. Sebagai contoh saya mencuri data kartu kredit orang asing kemudian mendonasikannya kepada BPAD, ingat ini hanya sebagai contoh.

Ingat "Tidak ada sistem yang sempurna." jadi ini hanya sebuah pemikiran. Mungkin itu saja yang saat ini bisa saya sampaikan, insyaAllah saya akan kupas tuntas tentang iJakarta (Cara Penggunaannya dan lain-lain) ini dari sudut pandang saya sendiri.

Terima Kasih :)