Translate

Tidak Dapat Mengakses Host 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 ?

Solusi Tidak Dapat Mengakses atau Masuk Host Modem / Router
Cara Mengatasi Tidak Dapat Masuk atau Mengakses Host Modem / Router
Solusi Tidak Dapat Mengakses atau Masuk Host 192.168.1.1 192.168.1.254 Modem / Router


Haii Asalamualaikum Wr Wb akhirnya kita berjumpa lagi, sudah lama saya tidak memposting atau sharing knowledge kali ini saya akan memberikan tips, trik atau solusi yang kebetulan saya alami. Berawal dari kakak saya yang meminta bantuan untuk melihat atau mengetahui Nomor Spedi yang kami gunakan di rumah "Kenapa Menanyakan itu?" Karena nomor nya itu di gunakan untuk pembayaran tagihan bulanan dan yang saya tau untuk mengetahui nomor itu kita perlu mengakses sistem pada router / modem TP LINK tersebut so saya langsung membuka laptop dan mencoba untuk mengetikan 192.168.1.1 pada url brower saya tapi hasilnya error akhirnya saya browsing bagaimana caranya mengakses sistem modem/router sedangkan saya tidak dapat mengakses 192.168.1.1 yuk langsung aja

1. Masuk Dengan Default Gateway

Apa itu Gateway?
" Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama. " Sumber google - pengetahuanku[dot]net

jadi intinya Gateway itu sebagai pintu gerbang (pusat) kita untuk mengakses seluruh komunikasi komputer yang tersambung pada satu jaringan tersebut sebagai contoh pada modem / router TP LINK

Cus ini solusinyaa
klik Start kemudian pilih CommandPromt atau search CMD

 

 atau bisa juga dengan tombol keyboard WINDOWS+R maka muncul tampilan RUN dan ketikan cmd



setelah CommandPrompt muncul ketikan ipconfig pada cmd tersebut dan akan muncul tampilan seperti ini







maka kita fokus pada bagian Default Gateway ganti 192.168.1.1 dengan 192.168.1.254 (tergantung default gateway yang muncul pada commandprompt) pada url browser

2. Default Gateway Tetap Tidak Bisa ?

Bagaimana jika saya tidak dapat mengakses 192.168.1.1 dan tidak juga bisa mengakses Default Gateway padahal sudah mengikuti solusi pertama? tenang kemungkinan besar sistem TP LINK tersebut (192.168.1.1) sudah lama tidak di akses, akibatnya tidak bisa digunakan lalu solusi keduanya apa?

Coba untuk MATIKAN / TURN OFF TP LINK, Modem atau Router yang kalian gunakan kemudian HIDUPKAN kembali dan coba untuk mengakses default Gateway yang tadi, jika berhasil maka kita akan di minta login atau memasukan user dan password modem tersebut. Pada dasarnya setiap TP LINK, Modem di setting default dengan user : admin password : admin dan Router user : root password : toor dan muncul seperti ini


3. Bagaimana Jika Saya Tidak Dapat Menggunakan Kedua Solusi Tersebut?

Untuk solusi yang ketika ini mau tidak mau kita harus menghubungi Call Center Provider tersebut untuk menanyakan dan mengatasi masalah tersebut.


Mungkin ini saja yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat
Wasalamualaikum Wr Wb :)