Translate

Islamic Village Tangerang Banten

Islamic Village Tangerang | http://isvill.sch.id/

Dengan tekad membangun tata kehidupan yang sehat-afiat, sejahtera lahir-batin, selamat dan berkat dunia-akhirat yang didorong oleh niat tulus untuk turut berpartisipasi dalam dinamika pembangunan nasional, maka pada taggal, 17 Agustus 1972, dibawah teduhnya kubah raksasa Masjid Istiqlal Jakarta dicetuskan ide mendirikan sebuah Yayasan. Yayasan ini kemudian diberi nama ISLAMIC VILLAGE, secara harfiah berarti perkampungan Islam, dengan lokasi proyek di Desa Kelapa Dua Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Jawa Barat sekarang Banten.

Dalam rangka pengabdiannya, Yayasan Islamic Village mengacu pada satu tujuan yakni mewujudkan masyarakat yang sehat-afiat, selamat dan berkat di bawah naungan ridha Allah SWT. Tujuan yang sekaligus menjadi motto / khittah perjuangan Islamic Village dijabarkan dalam tiga rencana besar mencakup :

a.    Memberikan santunan dan asuhan bagi anak yatim, piatu, cacad, terlantar, dari mulai bayi yang terbuang sampai jompo yang terlantar.

b.    Memberikan pelayanan bagi umat Islam untuk memperoleh pendidikan yang baik, mulai Toddlers, PG, TK, SD, SM sampai perguruan tinggi.

c.    Membangun pemukiman amal yang bercitra baik dan indah. Baik dalam arti pemukiman tersebut layak huni dan dilengkapi dengan sarana / fasilitas penunjang lainnya, mulai tempat melahirkan sampai

pemakaman. Sedangkan, Indah artinya sebagaimana dipesankan Rasurullah SAW dalam sebuah hadist : “ Seindah-indahnya rumah adalah yang di dalamnya ada diasuh, disantuni dan didik anak yatim.”


Pembangunan di bidang pendid
ikan bertujuan bagi terciptanya insan muslim yang intelek, cerdas dan kreatif : Muslim Pancsilais yang sei
mbang antara iman, ilmu dan amal, muslim yang siap hidup di zamannya, berkiprah untuk kejayaan dan kemuliaan agama dan bangsanya yang mempunyai wawasan ( bashirah) yang jauh kedepan. Ini terangkum dalam Shibghah ( arti aslinya : celupan ) Pendidikan Islamic Village, yakni :

1.   Berorientasi Islam
2.   Disiplin Tinggi
3.   Berakhlak Mulia




Untuk tujuan tersebut sistem Pendidikan Yayasan Islamic Village disusun sedemikian rupa sehingga semua potensi, mental, spritual, intelektual, dan estetis peserta didik, mempunyai kesempatan yang sama untuk berkembang. Sistem ini tidak ada hanya membekali siswa dengan ilmu dan keterampilan, tapi juga memberinya iman dan keyakinan hidup.

Secara real, tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai. Tetapi usaha ke arah terwujudnya cita-cita dan harapan tersebut terus menerus diusahakan. Pembaharuan-pembaharuan yang mencakup perangkat keras ( hardware ) seperti penambahan bangunan fisik dengan fasilitas penunjangnya, atau perangkat lunak ( software ) seperti peningkatan kualitas tenaga pengajar dan penyempurnaan kurikulum, senantiasa dilakukan.

Itu semua dalam rangka menciptakan “Bibit Unggul” yang bila “Disemai” di “ ladang “ Masyarakat akan tumbuh menjadi pohon yang subur dan rindang serta mengeluarkan buah yang lebat. Pohon itu tidak saja membuat bahagia “Penanamannya”, tetapi juga memberikan manfaat kepada semua orang, untuk sekedar berteduh atau menikmati buahnya. ( Lihat QS. Al-Fath 29 ).

Alhamdulillah, dalam pengabdiannya di bidang pendidikan ini, Yayasan Islamic Village, meski dengan kemampuan dana yang sangat terbatas, berusaha semaksimal mungkin memenuhi keperluan sarana dan prasarana pendidikan secara lengkap dan memadai. Sampai saat ini sarana dan prasarana yang telah disiapkan meliputi :

-    10 ruang belajar TK ( dua lantai ) lengkap dengan sarana bermain, taman dan kolam renang.

-    30 ruang belajar SD ( dua lantai ).

-    24 ruang belajar SMP dan SMA ( dua lantai ).

-    Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi dan Komputer.

-    Perpustakaan.

-    Gudang Logistik

-    20 Kamar mandi / WC sekolah.

-    4 blok kamar penjaga sekolah.

-    Masjid pelajar yang dapat menampung 5000 jamaah ( sedang direnovasi, selesai Agustus 1996 ).

-    Kantin sekolah dan umum

-    Aula / Ruang pertemuan.

-    Fasilitas olah raga, diantaranya :
      1 lapangan sepakbola
      3 lapangan bola volley
      1 lapangan bola basket
      3 lapangan bulu tangkis

No comments:

Post a Comment